Selasa, 01 Desember 2015

Be a Great Presentation

Dari sekian banyak tugas sekretaris, tugas yang akan dilakukan sekretaris salah satunya adalah presentasi. Biasanya sekretaris akan ditugaskan untuk melakukan presentasi dihadapan client maupun rekan kerja bisnis. Dari situlah sekretaris dituntut untuk memiliki kemampuan dalam berkomunikasi. Agar presentasi dapat berjalan dengan lancar, maka yang paling penting adalah kita harus membangun percaya diri. Nah disini kita akan membahas bagaimana membangun rasa percaya diri.

Langkah-langkah membangun percaya diri :
1. Memulai dengan kemauan yang kuat dan tekun
Untuk dapat melakukan hal tersebut, kita harus bisa membangkitkan antusiasme serta memperhitungkan manfaat lahir dan batin
2. Ketahui secara menyeluruh materi yang akan disampaikan
Jangan ucapkan sesuatu kecuali yakin/pasti tentang sesuatu yang ingin diucapkan. Percaya diri tidak datang jika tidak tahu apa yang akan disampaikan.
3. Berperilaku Percaya Diri
"Untuk merasa berani, berbuatlah seolah berani".
Apabila kita telah siap berbicara, segera melangkah cepat, dan ambil nafas dalam. Selain itu ketika kita berada didepan audiens kita harus berdiri tegak dan menatap mata audiens agar kita terlihat seolah percaya diri.
4. Terus berlatih
Mistake dan gagal terjadi karena kurang berlatih.

Notes: Apabila kita sedang melakukan prsentasi, hindari untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang seolah membuat kita merasa tidak nyaman karena itu akan dapat melihatkan rasa tidak percaya diri kita. Lakukanlah aktivitas yang membuat nyaman seperti menunjukkan sesuatu barang, menulis di papan, menunjuk sesuatu di peta/bagan, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar